Senin, 29 Agustus 2011

Efek Rumah Kaca Pada Bulan Ramadhan


Hari ini terasa panasnya, dibandingkan hari biasanya, mungkin tidak ada kegiatan yang dilakukan hari ini, hanya duduk menatap layar persegi dari monitor komputer pemilik Warnet. Untuk menghilangkan kejenuhan pun tak ada, setelah sampai dirumah sejak malam tadi, hanya duduk dan duduk lagi di depan televisi, menanti acara dan talk show favorit salah satu siaran TV swasta Indonesia.
Sampai saat ini, menjelang berbuka pun hanya bunyi nyanyian yang terdengar dari Komputer. Seraya mendengarnya, Aku pun menyempatkan untuk menghibur diri dengan menulis tulisan ini, walaupun kesannya hanya blak-blakan isinya, yah minimal jadi tempat mengumpat apapun dan mengeluarkan isi kepala yang sudah lama ingin keluar.
Oh iya, Ramadhan tahun ini terasa panas, bukan karena Matahari yang makin mendekat ke Bumi, tapi kondisi ini diciptakan sendiri oleh manusia, bahasa populernya "Pemanasan Global".
"Pemanasan Global
Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.


Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut. (Sumber : Wikipedia.com).
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Penyebab Pemanasan Global pun menjadi tiga, antaranya :Efek Rumah Kaca, Efek Umpan Balik, dan Variasi motor. (Sumber : Wikipedia.com).
Apakah Anda peduli dengan keadaan ini ? yang jelasnya anda lebih tahu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar