Selasa, 31 Mei 2011

Ingin Lincah Menulis

Bagi anda yang baru mulai berkecimpung di dunia tulis menulis, masih banyak ragu apalagi takut, maka hindari kotbah menulis seperti ini:

1 . Kuasailah EYD. Karena tulisan yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia. Dan menghargai jasa para pahlawan yang sudah bersusah payah merumuskan ejaan yang baik dan yang benar.

2. Buatlah struktur karangan sebelum menulis. Karena tanpa struktur karangan, pikiran kita bisa melantur keluar dari topik bahasan. Struktur karangan yang bagus akan menghasilkan tulisan yang bagus. Sebaliknya struktur karangan yang amburadul juga akan menghasilkan tulisan yang amburadul.

3. Biasakan dalam menulis berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia resmi, sehingga kita jadi mengetahui bagaimana penulisan sebuah kata dengan benar. Karena sebuah kata yang tidak benar mencerminkan bahwa penulisnya ceroboh dan tidak berkualitas.

4. Sebelum terjun ke dunia tulis menulis, pelajarilah terlebih dahulu kaidah-kaidah dalam berbahasa dan cara-cara dalam menulis. Kemudian bacalah setiap tulisan yang sudah selesai berkali-kali sebelum diterbitkan. Dan sebaiknya, tanyakanlah pada beberapa teman bagaimana tulisan tersebut menurut mereka.

5. Dan nasehat-nasehat lain yang sejenis dengan nasehat ini.

Asal tutor anda sudah memulai nasehat menulisnya seperti ini, maka tanyakan padanya: Dimana toilet terdekat. Katakan permisi untuk buang air besar. Setelah tiba di toilet, loncatlah lewat ventilasi, lalu cabut. Dengan kata lain, campakkan nasehat menulis seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar